Pelatihan Etika Profesi dan Tanggung Jawab Sosial di Perhotelan dan Pariwisata

Pelatihan Etika Profesi dan Tanggung Jawab Sosial di Perhotelan dan Pariwisata

TUNGGATAMA.co.id-Tanggerang, Fakultas Pariwisata melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Juliana dengan anggota Demson Goeltom, Rudy Pramono, Rosianna Sianipar secara online dalam bentuk webinar kepada mahasiswa dan masyarakat mengenai etika profesi perhotelan dan pariwisata. Acara webinar ini dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc, dengan moderator Ibu Yustisia Kristiana, S.ST., M.M. Acara kegiatan dikemas dalam bentuk webinar sosialisasi pelatihan etika profesi dan tanggung jawab sosial di Perhotelan dan Pariwisata yang dibawakan oleh para dosen dari Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan.

Narasumber Ibu Juliana, S.E., M.M. mengungkapkan bahwa etika bukanlah semata-mata aturan hidup secara praktis, bukan pula yang didasarkan kepada adat kebiasaan, namun etika adalah perilaku jiwa yang baik yang menuntun kepada kebahagiaan dan kebenaran. Etika dalam perkembangannya sangat memengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini. Etika pada akhirnya membantu kita untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yang perlu kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita.Dalam pengambilan keputusan etis, banyak faktor yang terlibat, seperti kebebasan, suara hati, realitas manusia (baru), kewajiban, peraturan, manfaat bagi sebagian besar orang, kitab suci, dan situasi. Dalam perhotelan, Etika merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki setiap karyawan atau staf hotel yang berperan penting dalam menunjang operasional sebuah hotel. Dengan adanya etika yang tertanam di lubuk hati setiap staf maupun pelaku bisnis hotel maka mereka semua akan lebih merasa bertanggung jawab dan memperhatikan setiap kekurangan yang mereka perbuat sehingga para staf maupun pelaku bisnis hotel akan berusaha mengurangi kegagalannya serta akan berfikir dua kali bila para staf maupun pelaku bisnis hotel akan melakukan kesalahan untuk kedua kalinya. Melalui konsep etika, dalam diri masing-masing personal, dipastikan sudah mengerti dengan jelas apakah yang dimaksud dengan etika profesi dan tanggung jawab sosial mereka sehari-hari. Prinsip-prinsip etika harus dilaksanakan menurut apa yang sudah ditetapkan oleh pihak hotel itu sendiri. Jadi setelah para staf serta pelaku bisnis hotel mempelajari dan mengerti tentang konsep etika alangkah baiknya bila staf hotel tersebut juga memahami dan mempelajari prinsip-prinsip apa saja yang telah ditetapkan oleh pihak hotel serta berusaha untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam melakukan atau menyelesaikan tugas dan kewajibannya selama bekerja di hotel.

Kode etik profesi ini berperan sebagai sistem norma, nilai, dan aturan profesional secara tertulis yang dengan tegas menyatakan apa yang benar/baik, dan apa yang tidak benar/tidak baik bagi seorang profesional. Dengan kata lain, kode etik profesi dibuat agar seorang profesional bertindak sesuai dengan aturan dan menghindari tindakan yang tidak sesuai dengan kode etik profesi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa etika profesi merupakan suatu sikap hidup dalam menjalankan kehidupannya dengan penuh tanggung jawab atas semua tindakan dan keputusan yang telah diambil, dan memiliki keahlian serta kemampuan. Di akhir acara Dekan Fakultas Pariwisata Dr. Diena Mutiara Lemy, A.Par., M.M., CHE memberikan sertifikat pembicara kepada para narasumber beserta moderator serta menyampaikan perihal Sudah siapkah kita menjadi pekerja profesional yang memiliki etika kerja yang baik ? Jadilah yang terbaik dan menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dalam bekerja yang sesuai dengan visi misi Universitas Pelita Harapan True Knowledge, Faith in Christ, Godly Character.

Latest post

Tingkatkan Kualitas Belajar Siswa Sekolah Dasar, Tim PKM Pengabdian Masyarakat Universitas Tidar Membentuk Rumah Belajar Berbasis Digital Melalui Kahoot.it

Kegiatan Pengabdian 2023-10-13

Bantu Pembudidaya Ikan Hias di Kelurahan Tualang Perbaungan, Tim Pengabdian Polmed Sumbangkan Instalasi Filter Air Untuk Peningkatan Produktifitas Peternak

Kegiatan Pengabdian 2023-10-11

Polmed Sumbangkan Instalasi Filter Air Untuk Revitalisasi Sumur Artesis di Dusun III Kelambir Desa Kelambir Pantai Labu

Kegiatan Pengabdian 2023-10-11